Postingan di medsos baik berupa keindahan
alam, keunikan flora dan fauna, pengalaman dengan tantangannya (petualangan)
dan lain sebagainya sukses menghipnotis banyak kalangan untuk bergeser dari mall, pantai, museum, café, club dan lain-lain menuju ke gunung dan belantara. Memikat para
ahli backpacker dari kota-kota,
gang-gang dan lorong-lorong untuk berhijrah ke puncak-puncak, tebing-tebing,
ngarai-ngarai, lembah-lembah, jurang-jurang dan belantara. Medos sukses
menggeser dunia pendakian dari sesuatu kegiatan yang anti mainstream
menjadi suatu aktivitas
yang umum. Medsos
berhasil membuat pendaki yang mendaki sebelum jaman Medsos terhenyak dan gagu melihat
kenyataan orang ke gunung secara berbondong-bondong seperti bermigrasi dari desa ke kota.
Antara senang dan gundah-gulana karena menyaksikan keramaian manusia yang
bahagia dan secara bersamaan melihat sampah dengan ragam jenisnya berserakan
dimana-mana. Antara meradang hingga riang gembira melihat secara paralel eksistensi kemanusiaan
begitu mendalam, namun filosofi agung pendakian menjadi tak tentu arah dan keimanan terhadap
gunung dan belantara sebagai tempat dimana udara paling murni bersemayam dan
segala definisi hidup
terurai terancam ditinggalkan.
Inilah ketika berkah dan kutukan bersatu seperti dua sisi mata uang. Tak
terpisahkan!
Namun, sebagaimana keimanan para
pendaki sejati bahwa gunung dan belantara berawal dari sesuatu yang asing dan
ekslusif, sehingga nanti pada saatnya akan kembali menjadi hening dan aneh. Entah kapan!
Selain dampak kehadiran medsos terhadap pendaki dan
gunung, medsos juga diyakini menjadi pemicu pergeseran dan mungkin juga
revolusi dunia pendakian dari sisi peralatan (gear). Para produsen turut terbantu dengan adanya media sosial
dalam perlombaan teknologi (desain, bahan dan jahit), distribusi maupun
pemasaran. Terjadi saling susul-menyusul produk outdoor dengan teknologi terkini. Medos menyajikan berbagai referensi
bagi produsen terkait produk outdoor
yang unggul dan diminati. Pujian dan kritikan terhadap produk outdoor bertebaran di wall akun pribadi dan group. Review dan
esai terkait produk tersaji dengan melimpah ruah. Pengalaman menggunakan produk outdoor langsung
di-share saat itu juga sehingga memudahkan
produsen dan calon konsumen untuk mendapatkan struktur preferensi terkait produk. Menemukan
kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan dari produk yang ada di pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar