Sabtu, 15 April 2017

Idjen-Wurung Crater 8-9 July 2016

Hari ini akhirnya bisa juga mengawinkan Kawah Idjen dan Kawah Wurung. Sebelumnya selalu gagal, entah karena kecapekan, cuaca tidak mendukung seperti saat Juna usia 2 tahun 2 bulan dan tersesat (lokasi tidak ketemu) saat membawa Juna di usia 8 bulan.

Saat mudik lagi nanti sangat ingin camping di Kawah Wurung.

Perjalanan di mulai pada malam hari (8 Juli 2016) jam 21:30 WIB dari Srono-Banyuwangi. Sampai di Desa Tamansari Kecamatan Licin pukul 22.45 WIB. Di desa ini ada cegatan dengan membayar karcis untuk kas desa per motor Rp 5,000. Pada kesempatan ini kami manfaatkan istirahat, terutama Juna dan Mamanya yang didera kantuk berat.

Pukul 23.15 WIB kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Paltuding jam 12 kurang. Perjalanan kali ini lebih lancar dari biasanya karena sebelumnya menggunakan motor matic yang tidak sanggup untuk melewati tanjakan Erek-erek dan sekitarnya. Sehingga motor harus dituntun dan sempat mogok. Namun kali ini dengan motor baru Supra X 125 semua bablas termasuk perjalanan turun dengan memainkan gigi satu dan dua sangat membantu. Rasa was-was seperti saat perjalanan turun dengan matic seperti sebelumnya tidak lagi terasa.

Setelah bebersih dan membeli tiket masuk, pukul 00.30 kami memulai perjalanan ke Kawah Idjen dari Paltuding. Seperti yang sudah-sudah, Juna tidur dalam gendongan.

Dengan tertatih-tatih pukul 3 dini hari sampailah kita bertiga di bibir kawah Idjen. Kami sempatkan turun setengah untuk mengabadikan blue fire. Selanjutnya naik lagi untuk mencari celah perlindungan dari dingin. Rasa dingin mendera kami sampai pukul 6.30. Maklum, sisi timur Kawah Idjen terhalang Gunung Merapi sehingga hangat mentari pagi baru dapat kami nikmati pukul 7 pagi.

Dua jam bersama mentari pagi kami nikmati dengan sarapan dan berfoto ria. Pukul 09.30 kami bergegas turun kembali ke Paltuding. Perjalanan jadi lebih ringan karena Milo telah terbangun sehingga bisa berjalan sendiri. Dasar anak kecil, gayanya ingin mandiri dengan tidak mau dipegangi dan berusaha mencari jalur sendiri.

Pukul 11:00 WIB kita bertiga tiba di Paltuding dan langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Kawah Wurung setelah sebelumnya diwarnai perdebatan dan diskusi apakah akan langsung pulang atau mampir dulu ke Kawah Wurung.

Perjalanan ke Kawah Wurung dari Paltuding hanya memerlukan waktu 30 menit. Setelah mengisi perut dengan mie instan (warung belum menyediakan nasi) kita bertiga menuju puncak Wifi Kawah Wurung.