Kamis, 13 April 2017

Pulau Flores: Sang Nusa Giri

Pulau Flores merupakan salah satu pulau yang terletak di kawasan indonesia timur, tepatnya di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyaknya turis asing yang datang menikmati eksotisme pulau Flores menandakan bahwa keindahan pulau Flores telah terkenal sampai ke seantero dunia. Sebagai informasi, pulau Flores berasal dari bahasa portugis “Flores“ yang berarti “bunga“. Nama ini diberikan karena keindahan pulau Flores yang sangat memukau bagaikan bunga yang baru mekar sehingga pulau Flores mendapatkan julukan “Nusa Bunga“. Adapun julukan lain dari pulau Flores yaitu “Nusa Nipa“, yang artinya “Nusa Ular“. Ini disebabkan karena bentuk pulau Flores yang panjang bagaikan ular.

Saya sendiri berkesempatan mengunjungi pulau Flores dengan menjelajahi hampir 400 km mulai dari Bandara Komodo di Labuan Bajo sampai dengan kota Ende (Bandara H. Hasan Aroeboesman). Kesan begitu mendalam dan memang tak terbantahkan bahwa pulau Flores memang pantas dijuluki Nusa Bunga dan Nusa Nipa karena begitu mempesonanya.

Namun sebagai pendaki gunung, tidak salah bila saya memberikan julukan tambahan pada pulau Flore, yakni "Nusa Giri" dikarenakan selama 4 hari menelusuri pulau Flores yang nampak adalah gunung-gunung dan bukit-bukitnya. Mata ini begitu dimanja dengan hampir semua penjuru mata angin menampilkan sosok yang begitu akrab: gunung.

Hutan-hutannya. Gas belerangnya. Jurang-jurangnya. Tebing-tebingnya. Terutama dinginnya kota Ruteng dan Bajawa begitu meninggalkan kesan yang dalam dan akan selalu memberikan panggilan khusus pada diri ini untuk segera kembali ke pulau Flores.

Dan tidak kalah penting adalah mempelajari kearifan lokalnya selama bertemu dengan warga dimana diantaranya adalah Tetua Suku/Adat. Bagaimana mereka mengambil keputusan. Cara mereka mengharmonisasikan diri dengan alam. Dan jalan yang mereka tempuh untuk selalu bisa memaknai segala kondisi dari sisi kemanusiaan.

Gunung dan kearifan lokal adalah dua hal yang akan selalu melekat dalam setiap perjalananan saya. Karena di gunung kualirkan air keringat untuk menyehatkan jasmani dan pada kearifan lokal kualirkan air mata untuk membugarkan hati dan nurani ini.
Keterangan: Selamat Pagi kawan-kawan semua. Mari kita Ngopi di Gunung Inerie (2,245 mdpl). Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Flores. Terletak di Kabupaten Ngada dan di kaki bukitnya ada kampung adat yang terkenal bernama Kampung Bena. Namun spot terbaik untuk menyaksikan view gunung yang kelihatan tidak tinggi ini dibanding gunung-gunung yang ada di Jawa adalah di Manulalu Bed&Breakfast yang bisa ditempuh selama 40 menit kota Bajawa via kendaraan pribadi. Dari Manulalu Bed&Breakfast kita akan menyaksikan Gunung Inerie dengan begitu jelas. Nama gunung Inerie sendiri diambil dari kata "Ine" yang artinya ibu, dan "Rie" yang artinya cantik. Jadi Gunung Inerie berarti ibu yang cantik. Gunung ini masih aktif dan catatan terakhir meletus pada tahun 1970.
 
Keterangan: (Sumber: Wikipedia) Gunung Ebulobo, juga dikenal sebagai Emburombu atau Puncak Nage Keo, adalah gunung stratovolcano yang terletak bagian selatan dari Kabupaten Nagekeo di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Gunung Ebulobo menjulang di atas Kecamatan Boa Wae, yang terletak di bawah lereng barat laut gunung tersebut. Bentuk gunung simetris dengan ketinggian 2124 m, dengan bagian atas kubah lava berbentuk datar. Sejarah letusannya, yang tercatat sejak 1830, antara lain berupa lelehan lava di lereng utara serta letusan-letusan eksplosif pada puncak kawahnya.

Tidak ada komentar: